Tuesday, November 29, 2016

Prediksi Ketua PSSI: Final AFF 2016, Indonesia vs Thailand

Tags

Bola, Jakarta - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Edy Rahmayadi memprediksi tim nasional sepak bola Indonesia bisa melaju sampai babak final Piala AFF 2016. Di babak final, jenderal bintang tiga itu melanjutkan, Indonesia akan kembali bertemu Thailand.

Indonesia takluk 2-4 dari Thailand di pertandingan pembuka Grup A, 19 November silam. Namun, Edy memandang kekalahan itu dengan optimistis. "Kita tidak kalah dari Thailand. Hanya stamina pemain masih kurang," kata Edy kepada Tempo, pekan lalu.

Menurut panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat itu, Boaz Solossa dan kawan-kawan bertarung di Piala AFF 2016 dengan kondisi serba terbatas. Sebab, PSSI dibekukan oleh FIFA selama setahun. Usai pencabutan sanksi tersebut pada Mei lalu, timnas hanya punya sekitar empat bulan untuk mempersiapkan diri menghadapi rival-rivalnya di turnamen tingkat Asia Tenggara ini. "Kita latihan empat bulan, mereka latihan empat tahun," kata Edy.

Baca: Evaluasi Riedl Usai Kekalahan Indonesia dari Thailand

Keterbatasan waktu dan jam terbang itu ditambah permasalahan di stamina masing-masing pemain. "Pesepakbola kita masih merupakan produk nasi bungkus." Edy juga menyebut masih seringnya gelandang timnas membuat lubang di lini tengah, sehingga penyerang lawan langsung berhadapan dengan bek Garuda.

Terlepas dari kelemahan itu, peluang Indonesia menjuarai turnamen dua tahunan ini masih lebar. "Target saya tetap nomor satu. Saya berharap para pemain bisa memberikan yang terbaik," kata Edy. Indonesia belum pernah menjadi kampiun di turnamen yang bergulir sejak 1996 tersebut.

Sejak kekalahan Indonesia dari Thailand, Edy memprediksi Indonesia keluar dari Grup A sebagai sekondan. Benar saja, pasukan Merah Putih lolos dari lubang jarum berkat kemenangan 2-1 atas Singapura di partai penutup fase grup. Seandainya, Thailand bertemu Vietnam di semifinal, Edy melanjutkan, Vietnam yang akan melaju dan menghadapi Indonesia di partai puncak.

Baca: Strategi Riedl Hadapi Vietnam

Karena Stadion Gelora Bung Karno sedang direnovasi, Indonesia akan menjamu Vietnam di leg pertama semi final di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Sabtu, 3 Desember 2016. Vietnam merupakan tim kuat di Asia Tenggara. Skuad berjulukan Bintang Emas tersebut menjuarai AFF 2008 dan sekarang duduk di peringkat 129 dunia. Mereka unggul jauh dari Indonesia di posisi 179. Indonesia takluk dari Vietnam, 2-3, saat uji coba di Hanoi, 8 November silam. Di semi final lain, juara bertahan Thailand menghadapi Myanmar.

REZA MAULANA

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.