Thursday, December 1, 2016

Lombok Barat Jadi Sasaran Studi Banding

Tags

Nasional Pemerintah Kota Tasikmalaya Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Magelang mengadakan kunjungan ke Kabupaten Lombok Barat dalam rangka studi banding pada Kamis, 2 Desember 2016. Kunjungan kedua pemerintah daerah yang diterima Staf Ahli Bupati bidang SDM I Nyoman Sembah ini bertujuan untuk belajar mengembangkan pariwisata dari Lombok Barat.

Dalam setahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat telah menerima kunjungan kerja, baik dari pemerintah kabupaten/kota maupun pemerintah provinsi lain, bahkan tim dari luar negeri. Dalam sambutannya, Nyoman menyatakan kebanggaannya karena Lombok Barat merupakan daerah yang cukup dikenal pariwisatanya. Saat itu, ia juga menjelaskan soal profil daerah yang layak diketahui para tamu, seperti Kawasan Senggigi dan Narmada. Ke depan, kata Nyoman, masih perlu dilakukan pengembangan destinasi, terutama di wilayah Selatan Lombok Barat.

Selain soal pengembangan destinasi, para tamu juga mendapatkan penjelasan mengenai program-program peningkatan jaringan kerja sama dengan para pemangku kepentingan wisata, seperti jasa transportasi (Asita), jasa akomodasi (PHRI), jasa pemandu wisata (HPI), dan industri kuliner. Lombok Barat sudah menjalin kerja sama dengan Unity College Negeri Sembilan Malaysia untuk peningkatan kualitas SDM pelaku jasa wisata dengan menghadirkan pengembangan kurikulum halal dalam manajemen kepariwisataan. Kerja sama itu akan dikonkretkan melalui penyiapan akademi komunitas yang dimiliki Lombok Barat, khususnya Politeknik Kepariwisataan dan SMK Kepariwisataan.

Nyoman juga memaparkan soal kiat-kiat untuk meningkatkan promosi, baik dengan bentuk penyelenggaraan event, mengikuti expo, dan memanfaatkan media-media yang ada. (*)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.